Wednesday, June 19, 2013

English Learning Tips





Hi friends!
English learners and lovers!!
How are you, guys?

Kita mau bagi-bagi tips belajar bahasa Inggris nih, buat kamu-kamu yang lagi bingung gimana cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris-mu. Ini nih tips-nya, baca, resapi dan amalkan, ya guys. J

1.     Vocabulary
Ini yang paling sering ditanya sama teman-teman. Gimana kak caranya memperbanyak kosakata bahasa Inggris kita? Apa kakak menghapal? Jujur, kalau saya tidak suka menghafal kosakata, tapi ini nih cara saya memperbanyak kosakata.
a.     Dari lagu
Berdasarkan pengalaman nih guys, saya bisa dapat banyak kosakata dari lagu. Kalian semua suka denger lagu bahasa Inggris kan?? Nah, lagunya itu kalian cari liriknya, terus kalian terjemahin deh kata-kata yang kalian tidak tahu. Dengan seringnya mendengar lagu itu, otomatis kalian akan selalu ingat atau bahkan hafal dengan kata itu. Buka-buka lagi kamusnya kalau lagi lupa artinya.
b.    Baca text bahasa Inggris
Jangan bosan baca ya guys. Cari kata-kata sulit di text tersebut, cari artinya dan jangan berhenti di situ aja, gunakan ke kalimat yang baru. Gunakan dalam keseharian.
c.      Nonton film
Kalau lagi nonton film Barat, jangan hanya lihat terjemahannya doank ya guys, tapi perhatikan juga apa yang diucapkan.
2.     Grammar (Tata Bahasa)
Ini nih permasalahan selanjutnya. Ada yang beranggapan bahwa grammar itu cuma tenses aja, dan ada pula yang beranggapan bahwa grammar itu tidak penting. Yang penting bisa ngomong. Eit.. eit.. siapa bilang…?? Kalau salah grammar-nya bisa-bisa salah pengertian…. Misalnya nich, teman-teman mau bilang ‘Saya suka kucing’, kamu tulis ‘I am like cat’. Nah… itu salah besar… seharusnya teman tulis ‘I like cat’. Kalau kalimat yang pertama berarti ‘Saya seperti kucing’. Duh! Parah kan??!!
Belajar grammar bisa dari buku-buku. Kalau teman baru pemula, mulailah dengan grammar yang sederhana dulu. Misalnya bagaimana pola kalimat kepemilikan dalam bahasa Inggris. Teman-teman juga bisa menganalisa kalimat kalimat yang ada di text, pasti kalimat itu ada polanya, dan polanya nggak jauh dari:

Subject + Verb / to be + object (Complement).
Nggak jauh beda seperti pola kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu:

Subjek + Predikat + Objek

Nah, kemudian teman-teman bisa mencoba merangkai kata-kata. Adapun tenses itu mempermudah kalian untuk membuat kalimat yang menerangkan waktu tertentu. Dalam bahasa Inggris, antara kalimat yang menerangkan masa lampau (past), masa sekarang (present) dan masa depan (future) itu berbeda. Contohnya:
Past
I went to campus by bike yesterday.
Present
I go to campus every morning.
Future
I will go to campus tomorrow.

Teman-teman juga bisa cari games tentang grammar di internet, banyak kok.

3.     Speaking
Nah…ini nih yang skill sangat dibutuhkan oleh kebanyakan English learners. Dan tidak bisa dipungkiri juga, kebanyakan orang menilai kita udah good at English atau belum dilihat dari speaking. Berikut adalah tips in speaking English:
a.     Pronunciation
Bagi kita yang bukan native speaker of English, kita bisa berusaha untuk meniru cara pengucapan mereka, at least supaya orang yang mendengar kita berbicara bisa mengerti apa yang kita maksudkan. Salah pronunciation, bisa jadi salah arti.
Ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk memperbaiki pronunciation.

ü  Listening to music
Ketika teman-teman listening to music, seperti juga dalam point vocabulary, teman-teman bisa listen to songs sambil melihat liriknya, nah perhatikan dan dengarkan cara si penyanyi pronounce the words. Tiru cara si penyanyi pronounce the words.
ü  Watching movie
Sambil nonton, dengerin yah cara mereka pronounce words. Imitate then.
ü  Pelajari symbol-simbol phonetics-nya
Nah ini lebih mudah bagi teman-teman yang udah belajar phonetics. Teman-teman bahkan bisa pronounce the words hanya dengan melihat symbol-simbol cara pronunciation-nya di kamus.

b.    Practice makes perfect
Nggak ada yang instant dalam belajar bahasa. Semakin sering berlatih, semakin bagus hasilnya. Namanya juga dalam proses pembelajaran, jadi jangan malu kalau salah. J
                  
4.     Listening
Saya dulu mengira bahwa saya tidak perlu banyak-banyak mendengar percakapan atau audio dalam berbahasa Inggris. Waktu itu saya pikir soal listening yang keluar dalam tes bahasa Inggris akan berbeda dengan apa yang biasa saya dengar. Tapi, setelah ke Amerika, saya baru menyadari bahwa sangat penting bagi saya untuk melatih listening, yaitu dengan membiasakan mendengarkan audio berbahasa Inggris. You have to do that to improve your listening skill guys. It really works. 

Nah, guys, itu sekilas informasi dan tips bagi kalian yang mau memperbaiki kemampuan bahasa Inggris kalian. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

REMEMBER!!!
LEARNING NEEDS PROCESS.

Written by:
MK (Alumni of English Education Study Program STAIN SAS Babel)


No comments:

Post a Comment